Setiap
hari kita tidak dapat terlepas dari aktivitas komunikasi. Hal ini dikarenakan
dalam kehidupan sehari-hari kita senantiasa memerlukan orang lain dalam upaya memenuhi
kebutuhan sehari-hari kita. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting,
karena dengan komunikasi manusia mampu
memenuhi kebutuhan yang bersifat fisik maupun yang bersifat kejiwaan. Tujuan utama dari komunikasi adalah
pengiriman pesan-pesan dari seseorang dan diterima oleh orang lain atau
sekelompok orang dangan feeback yang langsung.
Komunikasi digunakan seseorang tidak
hanya sekedar untuk berbicara dengan orang lain saja. Dalam dunia usaha atau
biasa disebut dengan dunia bisnis, komunikasi digunakan untuk mencapai tujuan
suatu bisnis. Sebuah bisnis akan tercapai tujuannya bila komunikasinya
dilakukan secara efektif. Artinya konsumen memahami dan merasa membutuhkan
terhadap produk atau jasa yang diciptakan si produsen, sehingga konsumen mau menggunakan
produk atau jasa tersebut. komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan
penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan
terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang
diharapkan. Dalam ilmu ekonomi, bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Komunikasi bisnis adalah salah satu
bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis. Bertujuan untuk
menjalankan bisnis, menjalin relasi sehingga produk atau jasa yang dihasilkan
diminati oleh para konsumen.
Pada dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang umum
digunakan dalam dunia bisnis, yaitu, komunikasi verbal dan komunikasi
nonverbal.
1. Komunikasi
verbal
Komunikasi verbal merupakan salah
satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan dan lisan . Contohnya adalah membaca majalah,
mambaca surat kabar, mempresentasikan makalah dalam suatu acara seminar dan
lain-lain.
2. Komunikasi
Nonverbal
Komunikasi nonverbal merupakan
bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis. Walaupun pada
umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat kurang terstruktur sehingga sulit
untuk dipelajari, seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat, ekspresi
wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna dan intonasi suara. Dalam
penyampaiannya, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal memilki arti yang
berbeda-beda, seperti dalam komunikasi nonverbal. pesan yang disampaikan
biasanya dilakukan secara spontan tanpa memiliki rencana dan dilakukan secara
tidak sadar dan bersifat alami.
Selain komunikasi nonverbal yang
penting, terdapat berbagai faktor yang menyebabkan komunikasi bisnis berkembang
secara baik. Yaitu dari segi komunikasi verbal, melalui teknologi informasi
yang berkembang dengan pesat. Perkembangan ini berpengaruh terhadap berbagai
aspek kehidupan, salah satunya dunia bisnis. Teknologi informasi dan kominikasi
saat ini adalah bagian penting dalam dunia bisnis.
Di dunia bisnis, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu
cepat
pelaku bisnis akan ketinggalan jika tidak menggunakan teknologi
yang sudah berkembang.
Belakangan ini banyak mendengar
kemajuan suatu usaha karena bidang teknologi informasi, telekomunikasi dan
kominikasi yang begitu pesat yang berorientasi pada teknologi informasi. Dengan
semakin gencarnya globalisasi dunia saat ini, maka teknologi informasi juga
semakin marak dalam dunia bisnis. Bagi pelaku bisnis yang masih awam akan
teknologi informasi dan komunikasi wajib mengenal dan mempelajari agar usahanya
mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Teknologi informasi dibuat untuk
memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpannya dalam
bentuk data, dan menyebarkannya kepada pemakai informasi.
Dalam dunia bisnis teknologi
informasi mempunyai pengaruh yang nyata, transaksi bisnis dicatat secara
on-line, diolah dan pada saat yang hampir bersamaan, hasil
pengolahan atau informasi dapat dilihat berbagai pihak. Pada saat ini informasi menjadi hal yang
sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi,
informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu. Teknologi
informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dalam memecahkan
masalah di
dunia bisnis. Kegunaan utama teknologi
informasi adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan kreatifitas yang
tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaatkannya.
Tanggung jawab pemakai teknologi
informasi akan memberikan peran yang penting dalam memaksimalkan kinerja
teknologi informasi. Yang perlu dilakukan para pengguna teknologi ini adalah tahu cara menggunakan
teknologi informasi dalam komunikasi bisnis dengan benar dan
beretika sehingga tidak melanggar hak, privasi dan keberadaan orang
lain. Bagi dunia bisnis, perkembangan teknologi dan informasi ini memberi
kemudahan dan kelancaran dalam melakukan urusan bisnis. Karena adanya
perkembangan teknologi ini, para pebisnis dapat mengatasai masalah tentang
jarak. Para pebisnis tidak perlu bingung bagaimana dapat berkomunikasi secara
baik dengan kliennya di luar negeri atau yang berbeda wilayah karena sudah
adanya internet call atau pertukaran informasi bisnis yang dapat dikirim
melalui e-mail. Pengaruh ini tidak hanya berdampak pada
pebisnis saja yang memiliki perusahaan, pengaruh teknologi informasi ini juga
memberikan dampak yang besar terhadap para pegawainya. Pegawai di perusahaan
tidak perlu lagi mengirimkan lembaran kerjanya secara manual dalam bentuk
cetakan kertas, hanya perlu memanfaatkan fasilitas email yang tersedia secara
gratis sudah bisa mengirimkan hasil laporan kerjanya tanpa harus terhalang oleh
waktu dan tempat.
Pengaruh teknologi informasi secara
tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis secara
ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Seperti untuk
mengadakan rapat, kita saat ini tidak perlu lagi harus mengumpulkan orang satu
per satu, kita bisa memanfaatkan salah satu fitur yang berada pada ponsel
pintar untuk melakukan sebuah rapat yang fleksibel harus berada pada suatu
tempat dan juga mengeluarkan biaya yang terhitung tidak sedikit. Semakin
cepatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut manusia modern
untuk bertindak dengan cepat pula, apabila kita tidak bisa mengikuti gerak
cepat dari perkembangan teknologi informasi ini, kita bisa saja tertinggal jauh
dibelakang, dan dunia kerja maupun bisnis pun membutuhkan para pegawai yang
bisa menggunakan perangkat hardware maupun software untuk mendukung segala
aktivitas kerjanya.
Dengan teknologi informasi yang
terkoneksi dengan jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran
produk atau jasa, dengan jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan
salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah. Pada prinsipnya peran teknologi
dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses. Teknologi dalam
pemasaran punya peran penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan
atau suatu badan usaha. Pemasaran pada zaman sekarang ini, jika tidak ditunjang
dengan adanya perkembangan teknologi yang maju tidak mungkin dapat dipasarkan
secara maksimal. Peranan teknologi dalam pemasran yakni menunjang
kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, serta kaitannya dengan mempromosikan, dan mendistribusikan
barang dan jasa kepada kelompok pembeli. Sehingga pemasaran barang dan jasa dapat berjalan secara
maksimal.
Salah satu dampak positif dari
teknologi dalam kehidupan manusia, terutama di bidang pemasaran yakni proses
penyampaian informasi secara cepat. Jika zaman dulu, dalam memasarkan produk
harus menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan baru tersampaikan. Tetapi,
pada zaman sekarang ini, dengan kemajuan teknologi informasi para penjual
maupun pembeli tidak perlu menunggu lama-lama untuk dapat melihat produk.
Karena dapat diakses melalui sebuah jaringan internet maupun situs – situs
terkait. Bisnis dapat terbuka kapan saja
di mana saja, melakukan pembelian dari berbagai negara lebih mudah dan lebih
nyaman.
Selain itu teknologi
informasi juga telah membantu dalam penciptaan lapangan kerja baru
dan menarik seperti pemrograman komputer, Sistem analisis, Hardware dan
Software mengembangkan dan Web desain. Dampak
positif yang lain dari perkembangan teknologi adalah proses transaksi yang
dapat berlangsung secara cepat. Tidak perlu antri lama – lama di
kantor
pos untuk mengirim maupun mengambil uang. Adanya fasilitas ATM (Anjungan Tunai
Mandiri) adalah salah satu sarana penunjang dalam sebuah kelancaran pemasaran
barang dan jasa. Pengenalan produk barang dan jasa suatu perusahaan maupun
badan usaha melalui media periklanan, baik itu media elektronik maupun media
cetak. Seperti televisi, pemasangan iklan lewat internet yang saat ini banyak
beredar. Dan media cetak seperti koran, majalah, buletin. merupakan
bukti adanya dampak yang berpengaruh baik atau positif bagi teknologi yakni
dibidang pemasaran. Perkembangan teknologi yang terus berkembang membuat
massyarakat dalam menjalankan kehidupannya menjadi semakin maju dan tidak gagap
teknologi.
Namun dari adanya
perkembangan teknologi dan informasi, terdapat pula dampak negatif atau
dampak yang kurang baik bagi teknologi dibidang pemasaran salah satunya adalah
adanya kesenjangan sosial. Dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksamaan
pemerataan peranan teknologi sangat besar, karena perkembangan teknologi
berkaitan erat dengan stratifikasi sosial.



0 komentar:
Posting Komentar